Kamis, 02 September 2010

Kisah dari Hadist .....

Alkisah tadi pagi saya dengerin ceramah abis subuh...
begini ceritane...
Alkisah pada suatu masa ada dua kerajaan yang berbeda nasibnya. Kerajaan yang satu dipimpin oleh seorang Raja yang sangat dzolim terhadap rakyatnya, sehingga sangat dibenci oleh rakyatnya. peraturan-peraturan yang dibuat oleh kerajaan selalu menyusahkan rakyat. Pada suatu saat Raja tersebut mengalami sakit yang sangat aneh, penyakit yang sangat langka.
Maka di panggilah para tabib kerajaan ke istana oleh Raja. Setelah dianalisis/diperiksa oleh para tabib ternyata Raja akan sembuh setelah memakan suatu ikan yang diambil dari laut, tetapi masalahnya pada saat ini akan sangat sulit menemukan ikan tersebut karena bukan musimnya. Maka dengan perasaan pesimis dikirimlah para tentara kerajaan kelaut untuk mencari ikan tersebut, tetapi diluar dugaan dengan ijin Allah ikan tersebut bisa di temukan dilaut dengan mudah, dibawalah ikan tersebut kekerajaan dan setelah memakan ikan tersebut raja yang dzolimpun sembuh dari sakitnya.
Pada saat yang lainnya dikerajaan yang berbeda yang dipimpin oleh Raja yang sangat baik dan sangat dicintai rakyatnya, Raja yang baik tersebut mengalami sakit yang sama dengan raja yang dzolim tadi. Lalu dipanggilah para tabib kerajaan ke Istana. setelah diperiksa ternyata Raja akan sembuh setelah memakan suatu jenis ikan dari laut. lalu dengan sangat optimis karena kebetulan pada saat itu sedang musim ikan para tentara kerajaan berangkat ke laut untuk mencari ikan tersebut. Tetapi diluar dugaan dengan ijin Allah ikan yang dicari tersebut tidak ditemukan sama sekali, sampai akhirnya raja yang baik tersebut meninggal dunia. Sontak para malaikat dilangit bertanya kepada Allah mengapa Raja yang dzolim disembuhkan sementara Raja yang baik malah tidak Engkau sembuhkan, maka Allah menjawab " Aku ingin membalalas sedikit kebaikan yang telah diperbuat Raja yang dzolim dengan kesembuhan dariKu, sehingga ketika dia kembali kepadaKu hanya membawa keburukan/kejahatannya saja, sedangkan terhadap Raja yang baik Aku ingin membalas sedikit keburukan yang telah diperbuatnya dengan memberikan sakit sehingga ketika dia kembali kepadaKu hanya akan membawa kebaikan/kesoehannyasaja".
Dari cerita diatas dapat kita ambil hikmah bahwa sakit/kepedihan yang kita alami bukanlah suatu siksaan melainkan suatu ara Allah agar kita diampuni dosa-dosa kita dengan kita bertawakal kepada Allah. Jadi jangan pernah kita untuk berburuk sangka kepada Allah dalam menghadapi suatu cobaah, dan hendaknya selalu berbaik sangka dan selalu bersyukur kepada Allah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar