Selasa, 29 November 2011

Contagion (Resensi Movie)

Director: Steven Soderbergh

Run Time:  106 min
Stars: Matt Damon, Kate Winslet and Jude Law
Year: 2011
Genres: Drama/Sci-Fi/Thriller
Country: USA
Language: English
Release Date: 9 September 2011 (USA)

Budget:
$60,000,000 (estimated)
Opening Weekend:
$22,403,596 (USA) (11 September 2011) (3222 Screens)
Gross:
$75,178,906 (USA) (20 November 2011) 

edi-kusnandar.blogspot.com rating:
Story Line: 8
Picture: 6.5
Cast:7
Beberapa hari yg lalu saya nonton FIlm ini di bioskop, tadinya saya kira ni film tidak terlalu bagus karena saya juga blum pernah liat trailernya. tapi karena melihat posternya yang berisi bintang-bintang top hollywood maka saya jadi tertarik, ni sedikit ceritane saya copas wae dari web orang....( hehe lg males nulis je...)

Contagion dimulai dari Day 2. Apa yang terjadi di Day 1 hanya Steven Soderbergh yang tahu. Yang pasti dia ingin penonton tahu bahwa karakter Gwyneth Paltrow baru saja pulang dari business trip di Hong Kong. Dari situ Contagion memulai nuansa intense-nya dengan menunjukan 2 orang lagi di seberang dunia yang juga sedang terkena gejala virus mematikan ini. Ditambah musik dari Cliff Martinez yang tegang, Contagion mulai menunjukan giginya bahkan dari 5 menit pertama.

Steven Soderbergh terkenal untuk mengumpulkan aktor dan aktris ternama dalam satu filmnya, bedanya kali ini masing-masing punya cerita sendiri yang juga berhubungan. Hampir semua karakter berbasis di Amerika, kecuali karakter Marion Cotillard yang berperan sebagai perwakilan WHO yang pergi meneliti ke pelosok dunia. Karakternya pegang peran penting di mana dialah yang menyelidiki orang pertama yang menyebarkan virus ini

Contagion terasa seperti tidak mempunyai klimaks. Bukan karena rasa membosankan, tetapi justru karena film ini sudah menegankan dari awal dan dari situ ceritanya mulai berkembang dan terkadang jatuh ke level monoton ketika kita diperkenalkan ke karakter yang tidak begitu penting (halo, pacarnya Laurence Fishburne?). Entah apa maksud dari Soderbergh membunuh salah satu karakternya dengan cepat dari awal (cek saja trailernya), tetapi yang pasti ada sejarah unik dan tak terduga dari karakter tersebut.

Virus mematikan ini begitu mematikan di mana karakter Jude Law sebagai blogger/jurnalis terkenal memprediksikan bahwa jutaan manusia di dunia akan mati dalam hitungan bulan. Di sinilah sisi kuat dari Contagion, yaitu ceritanya yang orisinil dan diceritakan dengan realistis. Cara penyebaran virus ini seperti yang kita tahu lewat aktivitas tangan dan mulut kita sehari-hari. Semuanya ditekankan dengan kuat oleh karakter Kate Winslet, hingga saat menontonpun kita seperti diajari dan diperingatkan. Karena itulah rasa waspada Matt Damon terhadap anaknya terasa tidak berlebihan mengingat virus ini bisa menghinggap di setiap orang.

Virus yang dinamakan MEV-1 ini menyebabkan kekacauan besar di mana masyarakat panik. Penjarahan dan kejahatan di lingkungan perumahanpun meroket demi keselamatan masing-masing. Semua gambaran ini menunjukan hal kecil dari aktivitas sehari-hari bisa berkembang menjadi kekacauan besar. Mungkin itulah yang mendukung Contagion sebagai thriller yang efektif. Sisi drama juga dimunculkan lewat karakter Marion Cotillard yang peduli pada warga di pelosok Hong Kong, tapi momen paling menyentuh ditampilkan lewat karakter Matt Damon. Tragedi yang menimpanya di awal terasa dilupakan awalnya hingga akhirnya film ini diakhiri dengan memorinya dengan istrinya.

Apakah Contagion film terseram tahun ini? Sejujurnya tanpa menampilkan hantu atau zombie macam film horror jaman sekarang, Contagion berhasil mempengaruhi kita dengan ceritanya yang tegang dan tidak dibuat-buat. Ditambah tampilan akting dari jejeran pemainnya yang kuat, Contagion adalah film bermutu pertama setelah musim panas/blockbuster berakhir tahun ini.
Sumber: labirinfilm.blogspot.com
trailer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar