Rabu, 26 Oktober 2011

Steve Paul Jobs (Steve Jobs)

Melejitnya nama perusahaan Apple, Inc. dalam bidang komputer atau gadget dunia merupakan hasil kerja keras dari seorang CEO andal yang menunggangi perusahaan itu. Tahukah siapa orang yang berada di balik kesuksesan perusahaan berlogo buah apel yang telah digigit itu? Ya, dia adalah Steve Paul Jobs atau dikenal dengan Steve Jobs.

Steve Paul Jobs dilahirkan di San Fransisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955. Dia merupakan pemimpin perusahaan komputer yang sedang naik daun, yaitu Apple Computer.  Selain sebagai pemimpin, dia juga merupakan salah satu pendiri perusahaan Apple bersama Steve wozniak. Perusahaan Apple sendiri didirikan pada 1976.

Steve jobs memopulerkan konsep komputer di rumah tangga dengan produk Apple II. Selain itu, dia juga merupakan salah satu orang yang menyadari potensi untuk mengomersialkan Graphical User Interface(pengguna grafis antarmuka) yang dikembangkan di perusahaan Xerox. Kemudian, teknologi itu diterapkan pada Apple Macintosh. Itu merupakan titik awal melejitnya Apple computer.
Steve job dilahirkan dari rahim seorang perempuan yang bernama Joanne Carole Schieble dan ayahnya adalah Abdulfattah Jandali, seorang  mahasiswa tamu dari Syria yang kemudian menjadi profesor ilmu politik. Sejak bayi, dia diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs. Orang tua angkat inilah yang memberikan nama Steve jobs.
Steve Jobs melewati masa SMP dan SMU di Curpetino, California. Pada 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Cupertino, California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi dikeluarkan( drop out) setelah satu semester. Pada musim gugur 1974, Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri pertemuan “Homebrew Computer Club” bersama Steve Wozniak.
Dia dan Wozniak bekerja pada perusahaan yang sama, yaitu Atari Inc., sebuah perusahaan pembuat permainan komputer yang terkenal, dengan jabatan sebagai perancang permainan. Saat bekerja pada perusahaan itu, Jobs memiliki motivasi unruk mengumpulakan uang guna melakukan perjalanan spiritual ke India.
Akhirnya, Steve Jobs melakukan perjalanan spiritualnya ke India bersama temannya di Reed College, Daniel Kotte, yang kemudian menjadi pegawai Apple pertama. Kembali dari perjalanan spirtualnya ke India, Jobs pun menjadi seorang Buddhist dengan rambut yang gundul dan menenakan pakaian khas Biksu.
Pada 1976, Jobs dan Wozniak mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalenalkan Jobs danWozniak diberi name Apple I. Kemudian, pada 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II yang sukses besar di pasaran rumah tangga dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi yang masih muda.
Pada 1980, Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek dan dengan penawaran saham awal yang sukses, ketenaran Jobs pun bertambah. Tahun itu juga, Apple Computer melepas Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik produk sebelumnya.
Karena terus berkembangnya Apple Computer, perusahaan itu mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur perkembangan perusahaan tersebut. Pada 1993, Jobs menggaet Jhon Sculley, dari perusahaan Pepsi-Cola untuk memimpin Apple Computer. Pada tahun itu juga, Apple mengeluarkan Apple Lisa yang teknologinya tergolong sangat maju pada saat itu, tapi gagal meraih pembeli di pangsa pasar.
Pada 1984, menjadi tahun pengenalan Macintosh, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis. Kesuksesan Macintosh membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac, yang bertahan sampai saat ini.
Pada 1985, jobs keluar adari Apple Computer karena masalah intern pada perusahaan itu. Setelah keluar dari Apple Computer, Jobs mendirikan perusahaan komputer yang bernama NeXT Computer. Namun pada 1996, Apple membeli perusahaan Next dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang dia dirikan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar